Adipura Kencana Untuk Masyarakat Kudus

Bupati Kudus, Musthofa, menerima langsung penghargaan dari Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), di Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). (Pemkab Kudus)

Kudus, KUDUSDAILY.COM ** Pencapaian Kabupaten Kudus dalam meraih Anugerah Adipura Kencana diharapkan membawa dampak positif bagi masyarakat Kudus. Diketahui, Kudus menjadi satu-satunya kabupaten di Jawa Tengah yang mendapatkan penghargaan tersebut dari Presiden belum lama ini.

Dilansir dari laman resmi Pemkab Kudus, penghargaan tersebut merupakan penghargaan Adipura tertinggi yang diberikan kepada Kabupaten/Kota yang memenuhi syarat sebagai wilayah yang berkelanjutan. Di Jawa Tengah, hanya Kabupaten Kudus yang berhasil meraihnya.

Belum lama ini, Bupati Kudus, Musthofa, menerima langsung penghargaan dari Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Kabupaten/Kota yang dinominasikan menerima Anugerah Adipura Kencana tersebut diharapkan tidak hanya mampu menyelesaikan berbagai isu lingkungan hidup seperti pengelolaan sampah, pengendalian pencemaran dan ruang terbuka hijau (RTH).

Diharapkan daerah tersebut juga mampu berinovasi dibidang pengelolaan sampah dan RTH. Bukan hanya itu, daerah yang dimaksud juga diharapkan mampu membuat sistem pengendalian dampak perubahan iklim, pemanfaatan energi baru terbarukan, serta penurunan ketimpangan ekonomi dan sosial berbasis pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Pada ketentuan yang berlaku, kabupaten/kota yang dinominasikan meraih Anugerah Adipura Kencana, sebelumnya harus sudah meraih Anugerah Adipura setidaknya tiga kali berturut-turut. Kudus menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memenuhi syarat tersebut.

Musthofa pun bangga atas prestasi yang diraih Kudus. Menurutnya tujuan terpenting dari capaian tersebut adalah mewujudkan lingkungan yang baik dengan segala aspeknya untuk kesejahteraan seluruh masyarakat.

“Adipura Kencana untuk seluruh masyarakat. Terima kasih seluruh jajaran OPD kami dan partisipasi seluruh masyarakat,” kata dia seperti dikutip situs tersebut.