Berharap Partisipasi Pemilih Pemula

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus menggandeng guru PKn jenjang pendidikan SMA/SMK/MA di Kabupaten Kudus. Para guru PKn diharapkan berperan dalam memberikan pemahaman kepada para siswa terkait hak suara yang telah dimiliki para pemilih pemula. (Sumber: KPU Pemkab Kudus).

Kudus, KUDUSDAILY.COM ** Guna meningkatkan partisipasi pemilih pemula, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus menggandeng guru PKn jenjang pendidikan SMA/SMK/MA di Kabupaten Kudus. Para guru PKn diharapkan berperan dalam memberikan pemahaman kepada para siswa terkait hak suara yang telah dimiliki para pemilih pemula.

Dilansir KPU Kabupaten Kudus, KPU telah menggelar pendidikan pemilih dengan tema Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan, belum lama ini di aula Kantor KPU Kudus. Kegiatan tersebut ditujukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kudus 2018.

Setelah dibuka oleh Ketua KPU Kudus, Moh Khanafi, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh komisioner KPU Kudus mengenai penyusunan daftar pemilih, teknis pemilihan, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. KPU berharap semua masyarakat memastikan sudah terdaftar sebagai pemilih.

Apabila belum terdaftar bisa segera melapor agar hak sebagai pemilih bisa digunakan. Para peserta pendidikan pemilih juga diberi kesempatan untuk bersafasi ke sudut pintar pemilu.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan tersebut, pihak KPU berharap para guru PKn dapat melakukan pendekatan sosial serta memberikan pengetahuan tentang pemilu kepada anak didiknya. Tujuan akhir kegiatan itu, para pemeilih pemula dapat berpartisipasi secara optimal dalam pamilu.

Sementara itu KPU Kudus juga telah menggelar acara Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2018. Acara tersebut digelar sebagai rangkaian persiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang.

Acara itu dihadiri dari Forkopinda Kudus, OPD, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslu), Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Kudus, Ketua IDI Kab.Kudus, Kementrian Agama Kabupaten Kudus, Akademisi, Perwakilan ormas/LSM, Tokoh Agama dan Masyarakat di Kabupaten Kudus, anggota fungsional dan staf partai politik (Parpol), serta para bakal calon (balon) Bupati maupun Wakil Bupati.

Tujuan kegiatan itu untuk mewujudkan keterbukaan publik yang transparan, efektif, akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan. Selain itu juga untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap tahapan jadwal pilkada, tata cara, dan teknis pencalonan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kudus 2018.