Brigade Alsintan Solusi Pengelolaan Pertanian Kudus

Brigade alat mesin pertanian (alsintan) dibentuk di Kabupaten Kudus untuk mengatasi persoalan terkait operasional pertanian. Brigade bentukan Dinas Pertanian dan Pangan ( Dispertanpangan) Kudus. (Sumber: Dispertanpangan Kudus).

Kudus, KUDUSDAILY.COM ** Brigade alat mesin pertanian (alsintan) dibentuk di Kabupaten Kudus untuk mengatasi persoalan terkait operasional pertanian. Brigade bentukan Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertanpangan) Kudus tersebut diharapkan bisa memberikan solusi pada petani yang kesulitan tenaga kerja baik saat memasuki masa tanam maupun ketika panen.

Dilansir dari laman resmi Pemkab Kudus, brigade tersebut diharapkan juga menjadi solusi untuk menekan biaya produksi tanam dan panen para petani. Kepala Dispertanpangan Kudus, Catur Sulistiyanto,  mengatakan mesin-mesin dari brigade berasal dari pemerintah pusat yang disimpan di dua gudang milik Dispertanpangan. Dia mengatakan alsintan ditempatkan di gudang BPP Kecamatan Undaan dan gudang Loram Kulon,

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Tanaman Pangan Perkebunan, Ratih Rustyorini, mengatakan saat ini sudah banyak petani yang meminjam alsintan tersebut. Sesuai data peminjaman yang telah dibukukan, saat ini sudah mencapai 22 nomer urut untuk daftar peminjaman sejak awal Agustus 2017.

Di sisi lain dia menyampaikan para petani di Kudus sudah memiliki kesadaran tinggi tentang mekanisasi pertanian.

Disebutkan saat ini brigade alinstan memiliki hand sprayer 103 unit, hand traktor 18 unit, pompa air ukuran 3 inch 8 unit, pompa air ukuran 4 inch 10 unit, rice transplanter 3 unit, cultivator 2 unit, power trasher multiguna 9 unit, corn sheller 9 unit, combine harvester sedang 4 unit dan combine harvester mini 3 unit.

Sementara pada akhir tahun ini  direncanakan juga mendapat tambahan dari pemerintah pusat berupa traktor roda dua 7 unit, pompa air diameter 2 inch 6 unit, pompa air ukuran 3 inch 6 unit, pompa air ukuran 4 inch 4 unit, transplanter indojarwo 3 unit, transplanter yanmar 3 unit dan handsprayer 21 unit.