Hidupkan Lantai III Pasar Kliwon, Dinas Perdagangan Gandeng UMKM

90 UMKM meramaikan kembali lantai III Pasar Kliwon. 90 UMKM tersebut mendapatkan sewa kios gratis selama 6 bulan. (Sumber: Pemkab Kudus).

Kudus, KUDUSDAILY.COM ** 90 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mendapatkan pinjaman kios gratis dari Dinas Perdagangan Kudus selama enam bulan. Kios gratis tersebut berlokasi di lantai tiga Pasar Kliwon.

Lantai III Pasar Kliwon sendiri selama ini sudah lama  tidak terpakai. Dengan adanya UMKM yang menempati kios diharapkan dapat memotivasi pedagang lainnya untuk kembali berjualan.

“Diharapkan, kegiatan ini mampu memberikan daya tarik pedagang yang sudah memiliki kios tersebut untuk buka kembali,” kata Kabid Fasilitasi Perdagangan Promosi dan Perlindungan Konsumen, Imam Prayitno belum lama ini.

Seperti diberitakan laman resmi Pemkab Kudus, beberapa waktu lalu para pedagang UMKM tersebut juga sudah menandatangani persetujuan sewa kios gratis. Disampaikan. Perjanjian sewa gratis selama 6 bulan ini merupakan kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UMKM, untuk meramaikan lantai III Pasar Kliwon serta promosi produk lokal.

“ 90 pelaku usaha dan penempatan kios sesuai jumlah. Tidak dipungut biaya dan waktunya juga enam bulan. Kami juga membantu promosi ke masyarakat terkait lantai III bakal ada produk-produk UMKM,” ungkap Imam seperti diberitakan laman resmi Pemkab Kudus.

Imam juga mengakatan jika rata-rata kios di lantai III Pasar Kliwon tersebut sudah menjadi hak milik orang, namun misalkan pelaku UMKM ada yang tertarik untuk mempati maka bisa sewa dengan pemilik kios.

“Jadi selama enam bulan ini masa percobaan, dilihat apakah ada respon dari masyarakat atau tidak,” katanya.

Ide Dinas Perdagangan Kudus yang ingin meramaikan kembali Pasar Kliwon lantai III disambut baik kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UMKM Kudus, Bambang Tri Waluyo.

“Kami menyambut tawaran Dinas Perdagangan dengan baik. Ini sekaligus upaya mengenalkan produk lokal UMKM supaya lebih luas dikenal masyarakat,” kata Bambang.