Kudus Suguhkan Beragam Objek Wisata

beberapa destinasi wisata di Kota Kudus. Salah satunya Masjid Menara Kudus. (Sumber: portal berita Pemkab Kudus).

Kudus, KUDUSDAILY.COM ** Siapa sih yang tidak kenal dengan Kota Kudus. Kota yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki beragam tempat wisata. Mulai dari wisata religi, kuliner, hingga wisata alam yang menawan.

Bagi umat muslim yang ingin berwisata religi, Kuduslah tempatnya. Pertama ada Menara dan Makam Sunan Kudus, menara kudus sendiri merupakan ikon Kota Kudus. Menara ini berada di komplek Masjid Al – Aqsa.

Meski demikian masyarakat Kudus lebih mengenalnya dengan Masjid Menara Kudus. Hal itu dikarenakan masjid ini berbentuk sebuah menara dengan nilai historis tinggi, eksotis, dan unik. Selain Masjid Menara Kudus, pengunjung juga dapat berziarah ke makam yang salah satunya adalah makam Sunan Kudus atau Jafar Shodiq yang merupakan salah satu dari walisongo yang terletak persis dibelakang Masjid Menara.

Jika masih ingin berziarah ke makam wali songo yang lain, pengunjung dapat pula menuju ke makam Sunan Muria atau Syeh R.Umar Sa’id. Di desa Colo, Kecamatan. Dawe. Berjarak kira kira 18 km dari pusat kota. Makam ini berlokasi di atas sebuah bukit. Karena lokasinya yang berada di atas bukit, maka pengunjung yang akan berziarah harus berjalan kaki sejauh 500m.

Namun bagi mereka yang tidak kuat menempuh jarah jauh jangan khawatir karena di sekitar lokasi terdapat ojek motor. Sedangkan di masjid Muria yang masih berada satu komplek dengan makan Sunan Muria, kita bisa melihat beberapa peninggalan sejarah seperti bangunan masjid yang beratap joglo, bertingkat tiga dan beratap kayu sirap, empat tiang pondasi masjid dan sebuah bedug yang dibuat tahun 1834.

Bagi wisatawan yang ingin memanjakan mata dengan pemandangan menawan dapat berkunjung ke obyek wisata Colo yang terletak di lereng gunung muria. Pemandangan indah bukit bukit yang berada di pegunungan Muria sangat cocok bagi mereka yang bosan dengan suasana kota. Colo berada pada ketinggian 1.602 mdpl hingga tak heran jika memiliki suasana yang sejuk dan alami.

Di Colo juga terdapat bumi perkemahan Kajar yang terletak di kawasan hutan Pinus, berjarak 3km ke arah selatan dari obyek wisata Colo, tepatnya di desa Kajar Kecamatan Dawe Kudus. Kawasan Kajar merupakan lokasi yang yang biasanya digunakan untuk kegiatan camping dan hiking (perkemahan dan jelajah medan atau lintas alam), baik bagi pelajar, pramuka, maupun remaja pada umumnya.

Jika pengunjung masih ingin menikmati objek wisata lainnya di Gunung Muria, Wisata Alam Rajenu bisa menjadi pilihan. Wisata Alam Rejenu ini terletak di Pegunungan Argo Jembangan. Pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan pegunungan dan keanekragaman hayati dan satwa di daerah ini.

Di wilayah ini juga terdapat sumber mata air Tiga Rasa. Dinamakan sumber air Tiga Rasa karena airnya memiliki tiga rasa, yang konon memiliki khasiat berbeda. Jika ketiganya dicampur maka rasanya akan menjadi tawar.