Rektor UMK Ingatkan Para Wisudawan

Universitas Muria Kudus selenggarakan wisuda sarjana dan pasca sarjana periode dua tahun 2017. (Sumber: UMK).

UMK, KUDUSDAILY.COM ** Rektor Universitas Muria Kudus (UMK), Suparnyo, ingatkan pentingnya kualitas diri kepada para wisudawan, belum lama ini. Kualitas diri dinilai menjadi salah satu syarat meraih kesuksesan.

Dilansir dari laman resmi UMK, hal itu disampaikan Suparnyo saat memberikan sambutan pada sidang senat terbuka dengan agenda tunggal upacara wisuda sarjana dan pascasarjana UMK periode II tahun ini.

Banyak hal yang menjadi prasyarat dan menunjang seseorang untuk meraih kesuksesan. Salah satu dari prasyarat itu adalah kulitas diri. Kualitas diri sangat penting peranannya bagi seseorang untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) Dr. Suparnyo SH. MS., mengutarakan hal itu dalam sambutannya di depan para wisudawan, orang tua/ wali mahasiswa, dan tamu undangan yang hadir dalam sidang sinat terbuka dengan agenda tunggal upacara wisuda sarjana dan pascasarjana UMK periode II tahun 2017.

“Keberhasilan hidup baik mental maupun finansial, sangat ditentukan oleh seberapa tinggi kualitas diri seseorang. Kualitas diri memiliki peranan penting dalam meraih kesuksesan. Semakin tinggi kualitas seseorang, semakin besar peluangnya menuju kesuksesan,” kata dia seperti dikutip situs tersebut.

Dia menyampaikan, kualitas diri merupakan kumpulan dari nilai, karakter, sikap, cara berpikir dan kebiasaan yang dimiliki seseorang. Kualitas diri pun dapat ditingkatkan melalui beberapa cara. Di antaranya fokus pada tujuan, menghindari lingkungan negatif, mau terus belajar, dan menjadi sosok yang rendah hati.

Di sisi lain dia berharap lulusan dari UMK pun dapat mengamalkan ilmunya secara bertanggung jawab, berkualitas, santun dan cerdas, sebagai bagian dari potensi bangsa. Ambillah peran dalam pembangunan bangsa. Jangan sampai menjadi beban negara atau menimbulkan masalah bagi masyarakat, bangsa maupun negara,’’ ujarnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Pembina UMK, J. Wahyu Wardhana, berharap momentum wisuda tidak sekadar menjadi upacara seremonial. Namun bisa dijadikan sebagai penanda keberhasilan seseorang dalam meraih gelar akademik.

‘’Wisuda harus menjadi momentum keberhasilan, dan menjadi langkah awal untuk mencapai tujuan selanjutnya,” kata dia.

Dia juga berharap, UMK konsisten untuk terus meningkatkan kualitasnya dari waktu ke waktu. Dia berharap UMK semakin semakin dipercaya masyarakat.