Satu Fakultas UMK Berganti Nama

UMK mengganti nama Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Perubahan nama fakultas itu sesuai Keputusan Rektor UMK No. 085/R.UMK/Kep/Sek/E.02.03/IX/2017, tentang Perubahan Nama Fakultas Ekonomi Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (Sumber: UMK).

UMK, KUDUSDAILY.COM** Universitas Muria Kudus (UMK) mengubah nama salah satu fakultasnya belum lama ini. Fakultas yang sebelumnya bernama Fakultas Ekonomi diganti menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Dilansir dari laman resmi UMK, penggantian nama fakultas tersebut dilakukan dalam rangka penyesuaian pohon ilmu dan internasionalisasi Program Studi (Prodi). Menurut Dekan FEB UMK, Mohammad Edris, perubahan nama fakultas itu sesuai Keputusan Rektor UMK No. 085/R.UMK/Kep/Sek/E.02.03/IX/2017, tentang Perubahan Nama Fakultas Ekonomi Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

“Perubahan nama ini sesuai usulan melalui surat Dekan Fakultas Ekonomi UMK No. 184/FE.UMK/E.02.01/I/2017 tertanggal 26 Januari 2017,” kata dia seperti dikutip situs tersebut belum lama ini. Dia menegaskan Fakultas Ekonomi UMK resmi berubah menjadi FEB UMK terhitung sejak 28 September 2017 lalu.

Edris menjelaskan, latar belakang penggantian nama tersebut lebih pada tuntutan persaingan baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Perubahan ini diharapkan bisa menguatkan posisi FEB UMK yang memiliki Prodi (Program Studi) Manajemen dan Prodi Akuntansi,” tambahnya.

Dikatakan, saat ini sejumlah universitas besar dunia juga telah membedakan antara school of bussiness dengan school of economics. Sementara sebagian lainnya mengubah nama menjadi faculty of economics and bussiness atau faculty of bussiness and economics.

“Untuk konteks UMK, perubahan Fakultas Ekonomi menjadi FEB, diharapkan bisa menunjang keperluan proses akreditasi internasional yang dilakukan The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). AACSB merupakan asosiasi pendidikan dan bisnis, yang beranggotakan lebih dari 1.400 organisasi di seluruh dunia. Diperlukan 16 tahapan untuk dapat memenuhi akreditasi tersebut,” kata dia.