UMK Gelar Festival Bulan Bahasa

Universitas Muria Kudus (UMK), Sabtu (21/10/2017) menggelar Festival Bulan Bahasa. (Sumber: UMK).

UMK, KUDUSDAILY.COM ** Festival Bulan Bahasa akan digelar di Universitas Muria Kudus (UMK), Sabtu (21/10/2017). Lomba yang disiapkan adalah lomba pidato dan baca puisi dengan peserta kalangan siswa jenjang SMA sederajat se-Jawa Tengah (Jateng).

Dilansir dari laman resmi UMK, kegiatan tersebut digelar oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), UMK. Selain lomba, juga akan digelar acara bedah buku “Politik Bahasa Penguasa” karya Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum (Rektor Universitas Negeri Semarang) dan Surahmat S.Pd. M.Hum. (dosen Unnes) pada Jumat (3/11).

Kegiatan lomba akan digelar di Ruang Seminar Lantai IV Gedung Rektorat UMK. Sementara pendaftaran peserta telah dilakukan pada 1 September 2017 hingga Rabu (17/10). Juara kategori putra dan Putri untuk semua lomba akan mendapatkan hadiah berupa sertifikat, uang pembinaan dan piala.

Sementara untuk petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (juklak dan juknis) lomba pidato dan puisi, serta pilihan puisi dapat diunduh di blog panitia www.himapbsiumk.tk.

Untuk ketentuan umum lomba berpidato di antaranya peserta adalah siswa/siswi SMA/SMK/MA sederajat dibuktikan dengan fotokopi Kartu Pelajar atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Bagi peserta yang belum memiliki KTP bisa menyertakan Kartu Tanda pelajar atau surat keterangan yang menyatakan sebagai warga negara Indonesia. Menyerahkan Naskah Pidato saat sebelum maju pelaksanaan lomba. Waktu berpidato maksimal 10 menit. Tema Lomba Berpidato adalah “Pembinaan atau Pengembangan Bahasa Indonesia untuk Remaja”.

Untuk penilaian akan dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah kelancaran dan kewajaran, kebermaknaan tuturan, ketepatan gaya penuturan dan keakuratan serta keluasan gagasan.