Wisata Edukasi Colo

Desa Wisata Colo saat ini sudah banyak dikunjungi wisatawan baik dari kalangan umum maupun kalangan pelajar. Ketua Pengelola Desa Wisata Colo, Shofil Fuad Pranyoto, mengatakan saat ini sudah tersedia paket wisata alam Colo (Sumber: Pemkab Kudus).

Dawe, KUDUSDAILY.COM ** Desa Wisata Colo merupakan salah satu destinasi wisata di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, yang berada di kawasan pegunungan muria. Selain dapat menikmati asrinya pemandangan lereng Gunung Muria, di tempat itu juga menyuguhkan sarana edukasi.

Di lokasi wisata tersebut pengunjung disuguhi pemandangan alam yang begitu indah dan hijau. Lokasinya yang banyak ditumbuhi pohon rindang membuat udara di tempat tersebut masih sejuk dan jauh dari polusi udara. Pengunjung juga dapat menikmati dindahnya taman, air terjun Montel dan hamparan kebun kopi. Pengunjung juga dapat mengunjungi makam Sunan Muria.

Dilansir dari laman resmi Pemkab Kudus, Desa Wisata Colo saat ini sudah banyak dikunjungi wisatawan baik dari kalangan umum maupun kalangan pelajar. Ketua Pengelola Desa Wisata Colo, Shofil Fuad Pranyoto, mengatakan saat ini sudah tersedia paket wisata alam Colo.

Paket wisata tersebut banyak diminati dari satuan pendidikan baik di jenjang PAUD, SLTP dan SLTA maupun perguruan tinggi. Paket wisata yang ditawarkan tersebut lebih menyasar pada wisata berkelompok, bukan untuk individu.

“Ada dua jenis paket wisata, paket sehari dan paket dua hari. Paket wisata sehari meliputi jelajah kebun kopi yang ada di lereng Pegunungan Muria, memanen, dan cara mengolah kopi secara tradisional. Sedangkan untuk paket wisata dua hari, meliputi mini cafe, jelajah kebun kopi, okulasi dan edukasi soal kopi muria,” terang Shofil beberapa waktu lalu.

Dia juga mengatakan saat musim hujan wisatawan tetap dapat berkunjung, namun disarankan untuk memilih lokasi di kawasan Puri Colo karena dinilai lebih aman. Lokasi tersebut cukup luas, dengan akses lebih mudah.

“ Di kawasan Puri Colo juga dapat melihat tanaman kopi. Lokasinyapun aman dan nyaman digunakan untuk anak usia PAUD hingga SMA,” terang Shofil lebih lanjut.

Bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin dapat bermain Wahana yang lebih menantang. Di sini tersedia wahana flying fox serta kawasan puncak.

“Sebenarnya ada kegiatan yang lebih menantang yakni permainan “flying fox”. Hanya saja, karena ini musim hujan tentu kami lebih mengutamakan keselamatan pengunjung, sehingga kami pilihkan tempat yang lebih aman untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” terang Shofil lagi.

Akan tetapi bagi wisatawan yang sudah dewasa, dipersilakan memilih, termasuk di kawasan puncak sekalipun, karena biasanya usia dewasa lebih mudah diberi pengertian dan secara naluri juga akan berhati-hati.