Bupati Kudus Apresiasi Perkembangan UMKM Desa Menawan

Desa Menawan memiliki keunggulan topografi karena terletak di wilayah dataran tinggi. (Pemkab Kudus)

MENAWAN, GEBOG­­­—Keberadaan dan perkembangan desa sangatlah vital untuk perekonomian dan peradaban sebuah kota. Hai inilah yang mendasari pemerintah Kabupaten Kudus rutin menyelenggarakan lomba desa guna meningkatkan potensi desa.

Bupati Kudus, Muhammad Tamzil secara pribadi daam lomba desa tahun 2019 mengapresiasi dan menyanjung potensi yang dimiliki Desa Menawan sebagai wakil dari Kecamatan Gebog.

“Desa Menawan harus lebih dihijaukan lagi karena merupakan daerah yang sumber airnya banyak. Namun, keasrian Desa Menawan sendiri sudah menawan hati” ujar Tamzil saat menghadiri Lomba desa tingkat kabupaten Kudus di Balai Desa Menawan, Kamis (21/3/2019).

Dikutip dari laman resmi Pemkab Kudus, Tamzi menambahkan bahwa Desa Menawan memiliki keunggulan topografi karena terletak di wilayah dataran tinggi. Hal ini membuat Desa Menawan memiiki ikim yang lebih dingin daripada desa-desa lainnya di Kudus. Selain itu Desa Menawan juga menjadi daerah yang memiliki sumber air yang melimpah.

“Desa Menawan bisa saja menjadi kandidat juara tinggal dipoles potensi dan memaksimalkan pembinaan PKK, desa Menawan bisa menang tak hanya tingkat kabupaten bahkan di tingkat provinsi,” sanjung Tamzil.

Meski demikian dirinya mengupkan tak memiiki hak dalam menentukan siapa yang akan menjadi juara dalam omba desa tingkat kabupaten ini. Tamzil meminta kepada seluruh dewan juri untuk menilai seadil dan seteliti mungkin agar terpilih desa yang benar-benar dapat mewakii Kudus daam lomba desa tingkat provinsi.

“Mohon dewan juri menilai sejeli mungkin apa yang sudah dilakukan masyarakat,” ujar Tamzil.

Potensi UMKM dan Ekonomi Kreatif

Dalam perombaan desa tingkat kabupaten ini, beberapa aspek penilaian menjadi tolok ukur agar desa menjadi pemenang salah satunya aspek perkembangan ekonomi di desanya. Potensi dan perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) suatu desa menjadi salah satu penilain yang penting. Sebagai contoh, Desa Menawan memiliki usaha seperti penyulingan minyak, konveksi kerudung, keripik tempe, keripik singkong

Melihat potensi UMKM, Bupati Kudus menyampaikan akan mendukung berkembangnya UMKM di Desa Menawan dan di Kudus pada umumnya.

“Pada prinsipnya kabupaten siap mendukung berkembangnya ekonomi kreatif Kudus baik dana maupun fasilitas. Kami akan berusaha membantu,” sambut Tamzil. Adanya pelaksanaan lomba desa ini Tamzil berharap agar kompetisi antar desa berdampak pada suasana yang memacu kreativitas sehingga diharapkan kesejahteraan warga Kudus ikut meningkat.