Lazisnu Kudus Serahkan 300 Kartu Peduli Marbot

Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo menyerahkan Kartu Peduli Marbot Se-Kabupaten Kudus yang berlangsung dalam Pengukuhan Pengurus Lazisnu Kudus Periode 2019-2024 di Pendopo Kabupaten. (Foto: kudusnews.com)

KUDUS – Lembaga Amal, Zakat, Infaq, dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kabupaten Kudus memberikan kartu peduli marbot se-Kabupaten Kudus sekaligus pengukuhan pengurus Lazisnu masa bakti 2019-2024 di pendapa, Jumat (29/11/2019) malam. Acara tersebut dibuka langsung oleh Plt Bupati Kudus HM Hartopo. Peningkatan kesejahteraan bagi marbot masjid/musala menjadi salah satu program unggulan Pemkab Kudus. Program tersebut mendapat dukungan dari Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kabupaten Kudus.

H.M Hartopo mengungkapkan sangat mengapresiasi dengan adanya program Kartu Peduli Marbot oleh Lazisnu. Dirinya juga mengucapkan selamat kepada para pengurus Lazisnu periode baru yang telah dikukuhkan. Lazisnu sebagai lembaga sosial dinilai telah terbukti banyak membantu pemerintah daerah dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dirinya mengungkapkan bahwa Lazisnu juga sangat berjasa dalam membantu wilayah yang terkena kekeringan pada musim kemarau kemarin. “Di musim kemarau yang lalu Lazisnu telah membantu air bersih sampai 100 tangki,” ungkapnya.

Plt. Bupati menyebut program Kartu Peduli Marbot oleh Lazisnu sangat erat hubungannya dengan program pemerintah daerah. Karena Pemkab Kudus baru saja menyerahkan 3.375 bantuan kesejahteraan bagi pemuka agama dengan anggaran sebanyak 3,4 M. Oleh karena itu, sinergi antara Pemkab Kudus dan Lazisnu diharapkan dapat terus berjalan dalam program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat di masa yang akan datang. ‘Harapannya Lazisnu bisa selalu bersinergi dengan program pemerintah, dan pemerintah daerah siap membantu dalam hal kegiatan sosial,” tuturnya.

Menciptakan Kontribusi untuk Masyarakat

Usai dikukuhkan, Ketua Lazisnu H. Ihdi Fahmi Tamami mewakili pengurus Lazisnu yang baru, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak. Ia juga mengapresiasi jasa para pengurus lama sebagai pondasi bagi program-program pengurus baru. Diungkapkan bahwa jumlah pengurus baru lebih sedikit dan didominasi oleh generasi muda dari berbagai latar belakang. Hal tersebut diharapkan dapat membawa inovasi bagi program kerja Lazisnu Kabupaten Kudus kedepan. “Agar mampu menciptakan inovasi guna berkontribusi untuk masyarkat, khususnya untuk kaum-kaum yang membutuhkan,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, ada sebanyak 300 marbot masjid yang mendapatkan kartu peduli marbot. Kartu itu berfungsi sebagai jaminan kesehatan untuk berobat ke dokter. Kartu itu juga berlaku seumur hidup. Selain itu, mereka mendapatkan uang Rp 200 ribu, sembako, sarung, dan baju.

Ketua Lazisnu Kabupaten Kudus M Ihdi Fahmi mengatakan, kegiatan ini merupakan tonggak bersejarah untuk bisa menggerakkan dan mengoptimalkan kemampuan umat di Kabupaten Kudus. Terutama dalam memberikan manfaat kepada kaum yang membutuhkan. “Kami kepanjangan dari tangan amal zakat akan memberikan kepada saudara saudara kita. Apa yang kami lakukan ini merupakan bentuk dukungan untuk membangun program pemerintah daerah,” jelasnya.

Ia mengatakan, dalam memberikan bantuan pihaknya telah membuat sebuah acuan. Hal ini semata mata untuk bertujuan program yang dilaksankan Lazisnu Kabupaten Kudus ikut membantu program pemerintah daerah.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, atas nama pemerintah daerah pihaknya mengapresiasi langkah Lazisnu. Ia pun mengucapkan selamat kepada pengurus baru saja dikukuhkan. Maka dari itu, pihaknya berharap selalu bersinergi program pemerintah daerah. Pemda siap membantu dalam hal kegiatan sosial.