HM Hartopo Ajak IARMI Kudus Berpartisipasi Antisipasi Bencana Alam

Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo bersama Pengurus IARMI

 

BAE – Terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), wiraswasta, hingga pensiunan, para pengurus Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Kabupaten Kudus dinilai masih memiliki semangat yang tinggi. Hal tersebut diapresiasi Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo saat menghadiri pelantikan IARMI Dewan Pengurus Kabupaten Kudus periode 2020-2024 di IAIN Kudus, Minggu (12/1/2020). Pasalnya, usia para pengurus tak lagi muda dan memiliki kesibukan di profesi masing-masing.

Plt. Bupati juga sempat bernostalgia dirinya yang sempat menjalani diklat Resimen Mahasiswa (Menwa) saat di bangku kuliah. Meskipun setelah itu pihaknya harus berhenti karena bekerja untuk membiayai kuliahnya. Pihaknya berpesan agar pengurus tetap menjaga kedisipilinan, rela berkorban, dan jiwa korsa. H.M. Hartopo juga menyampaikan agar pengurus ikhlas menjalankan amanah untuk investasi di akhirat nanti. “Walaupun usia tak lagi muda, saya berharap pengurus tetap menjaga asas kedisiplinan, jiwa korsa dan rela berkorban. Jalankan program dengan amanah untuk bekal di akhirat nanti, itu yang penting,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) IARMI Jateng, Chrisno Haribowo menyampaikan agar Menwa yang masih aktif mencontoh kiprah alumninya di IARMI. Pengurus yang salah satunya seorang pensiunan masih semangat dalam mengabdi. Pihaknya juga berpesan kepada pengurus agar selalu bertindak berlandaskan rasa cinta tanah air, persatuan dan kesatuan. “Harus menjaga tekad untuk membangun negeri dan meningkatkan wawasan serta kapasitas diri,” jelasnya.

Membangun Negeri NKRI Harga Mati

Para pengurus diminta selalu menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kudus. Salah satunya bergotong royong untuk menghadapi kontijensi bencana di Kabupaten Kudus. Pihaknya menyampaikan saat ini Kota Kretek sedang siaga bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang. IARMI diharapkan berpartisipasi aktif mengkomunikasikan dan mengantisipasi bencana.

“Pelantikan pengurus IARMI waktunya sangat tepat karena sedang siaga bencana. Jadi bisa langsung bergabung dengan Pemkab Kudus menjadi relawan bencana. Apalagi ada camat yang juga menjadi pengurus. Pokoknya jangan malu-malu untuk ikut bersih-bersih lingkungan bersama kami,” ucapnya.

Senada, Ketua Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) IARMI Kudus Kholid menyampaikan pengurus yang berasal dari berbagai kalangan selalu siap untuk bekerja sama dengan Pemkab Kudus. Berbagai program yang tujuan akhirnya memajukan Kabupaten Kudus juga telah disusun. Kholid meminta dewan penasehat yang berasal dari pihak Forkopimda dan rektor memberikan nasihat dan arahan kepada pengurus. “Kami siap diminta bantuan dalam upaya peningkatan generasi muda. Dengan kedisiplinan dan semangat merah putih sudah ada di tubuh kami. Kami siap membangun negeri, NKRI harga mati,” ujarnya.