Mawar Hartopo Anjurkan Masyarakat Gemar Makan Ikan

Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo saat memberi sambutan pada acara sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN). (Foto: Pemkab Kudus)

Jati- Wakil Ketua I TP PKK Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo menganjurkan masyarakat untuk gemar makan ikan. Menurutnya, kandungan gizi yang tinggi pada ikan berguna bagi tumbuh kembang anak. Bila gizi anak terpenuhi, otomatis stunting dapat dicegah.  Hal tersebut diungkapkan olehnya saat membuka sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) di Aula Kantor Kecamatan Jati, Selasa (10/3).

“Setidaknya, dalam satu hari untuk satu kali makan diutamakan harus ada ikan. Lebih baik untuk makan ikan bersisik karena rendah kolesterol,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus berupaya untuk menggiatkan masyarakat mulai mengkonsumsi ikan. Menurut Mawar Hartopo, untuk mendukung program GEMARIKAN, diperlukan adanya peran dari PKK terutama ibu – ibu.

Sosialisasi kali ini diselenggarakan di 9 kecamatan. Mawar Hartopo mengajak masyarakat untuk menjadikan ikan sebagai menu utama dalam keluarga. Baginya, pemenuhan gizi pada balita hingga remaja sangat penting.

Masyarakat perlu untuk mengonsumsi bahan makanan yang memiliki gizi tinggi. Menurutnya, ikan adalah salah satu bahan makanan yang terbilang murah tapi mempunyai gizi yang tinggi.

Dirinya juga bercerita bahwa saat ini budidaya ikan dapat dilakukan di dalam ember atau yang lebih dikenal dengan BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan dalam Ember). Mawar mengungkapkan bahwa dirinya telah mempraktekkan sendiri teknik tersebut pada ikan lele hingga akhirnya siap panen.

“Saya sudah mempraktekkan sendiri budidaya ikan lele didalam ember. Perawatannya mudah dan hasilnya memuaskan sehingga dapat menekan biaya rumah tangga,” lanjutnya.

Atasi Stunting untuk Indonesia Masa Depan

Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) meminta kepada pemerintah desa (pemdes) untuk menganggarkan penanagan stunting lewat Anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes). Sebab, stunting jadi salah satu dari enam program prioritas tahun ini.

“Hal itu sudah dituangkan dalam Peraturan Bupati Nomor 34 Tahun 2019 tentang pedoman penyusnan APBDes. Memang ada kegiatan prioritas yang dianggarkan oleh desa dalam APBDes,” kata Kepala Dinas PMD Kudus, Adi Sadhono Murwanto, Rabu (4/3).

Sementara itu, Camat Jati Andreas Wahyu Adi Setiawan, mendukung penuh program GEMARIKAN. Gerakan nasional yang telah dicanangkan sejak tahun 2004 oleh presiden tersebut dinilai sangat penting. Terutama untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Pihaknya mengajak ibu-ibu yang hadir untuk menghidangkan ikan bagi keluarga. Selain murah, ikan mengandung gizi yang tinggi.

“Yuk mari membeli ikan untuk dimasak untuk keluarga. Harganya juga murah dan bergizi jadi dapat menjangkau semua kalangan,” ucapnya.